Kecamatan Sliyeg Mulai Meng-Implementasikan Program Dokmaru (Dokter Masuk Rumah)

DISKOMINFO INDRAMAYU – Salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina – Lucky Hakim dalam 100 hari pertamanya adalah Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Kini, aalah satu porgram tersebut sudah mulai diimplementasikan di bebrapa kecamatan.

Program Dokmaru merupakan program layanan kesehatan yang menghadirkan layanan langsung ke rumah warga yang membutuhkan. Saat ini sudah ada empat Kecamatan yakni Sliyeg, Widasari, Patrol, dan Losarang yang melaksanakan program tersebut.

Dalam implementasi di lapangan, Dokmaru merupakan upaya sinergitas antara Camat, Kepala Puskesmas dan Pemerintah Desa yang bergerak cepat (gercep) untuk melayani masyarakat yang membutuhkan penanganan kesehatan secara khusus atau darurat.

Seperti halnya yang dilakukan Kecamatan Sliyeg. Ditemui di lapangan, Camat Sliyeg Wasga Ciptowibowo, telah mampu menjalankan sistem pelaksanaan program prioritas Dokmaru bersama kepala PKM Tambi, Eka Kurniasi yang langsung turun menemui penderita, Edi Supomo warga Desa Sudikampiran, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Rabu(3/3/2021) kemarin.

Tim Dokmaru langsung melakukan kunjungan ke rumah warga setelah mendapat informasi dan laporan warga, mengingat kondisi Edi Suparno yang sangat lemah, ahirnya Edi dirujuk ke RSUD Indramayu untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif.

Untuk memenuhi kebutuhan keluarga saat di RSUD Indramayu, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan secara resmi ke Yayasan Gempur Gakin dan Baznas Indramayu.

Senada, Camat Widasari, Dulyono yang telah melaksanakan program yang sama dalam menjalankan Visi Indramayu Bermartabat. Ia bersama Tim Dokmaru Kecamatan, berhasil mengeksekusi Johan yang merupakan warga Kecamatan Jatibarang tinggal di Desa Widasari, Kecamatan Widasari. Ia bersama Tim Dokmaru Kecamatan langsung merujuk penderita ke RSUD Indramayu karena kondisinya sudah sangat lemah.

Camat Patrol Teguh Budiarso bersama Kepala Puskesmas juga langsung meluncur setelah mendapatkan laporan dari warga bahwa ada pasien balita penderita hidrosefalus warga Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol butuh penanganan serius.

Sebelumnya Kepala Puskesmas Losarang, Andri juga langsung meluncur ke salah satu rumah warga setelah mendapatkan adanya laporan warga yang sakit dan butuh penanganan dan rujukan ke RSUD.

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyambut baik para Camat yang sudah menjalankan program prioritas yang saat ini sedang ditekankan guna memberikan jaminan kesehatan kepada warganya. Namun demikian, pihaknya akan terus melaksanakan program terobosan ini dengan mekanisme dan sistem terintegrasi agar seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu dapat merasakan manfaat dari Program Dokmaru.

“Kami tekankan Program Dokmaru bukan hanya target 100 hari kerja, tapi akan terus kita laksanakan dan saatnya kita kerja, kerja dan kerja,” terang putri Mantan Kapolri Dai Bachtiar ini. (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu)

Kecamatan Sliyeg Mulai Meng-Implementasikan Program Dokmaru (Dokter Masuk Rumah), Salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Nina Agustina – Lucky Hakim Dokmaru yaitu layanan kesehatan menghadirkan layanan langsung ke rumah warga yang membutuhkan mulai di implementasikan oleh Kecamatan Sliyeg.

#indramayu #kabupatenindramayu #indramayubermartabat #sliyeg #pns #cpns #asn #asnkinibeda #kecsliyeg #jawabarat #indramayuhits #indramayukeren